Senin, 08 Desember 2008

Idul Adha...Berbagi dari hati...

Hari ini tepatnya tgl 8 Des 08 (10 Dzulhijjah 1429 H) umat muslim seluruh dunia dan juga di Indonesia merayakan hari raya idul Adha
Hari dimana kita diperintahkan untuk berqurban sebagaimana Nabi Ibrahim diperintahkan Allah swt untuk menyembelih anak kesayangannya Ismail dan kemudian digantikan oleh Allah dengan seekor domba..
Atas dasar syariat dan motivasi itulah kita diperintahkan untuk menyisihkan sedikit rezeki kita untuk disumbangkan kepanitia qurban yang dibentuk oleh masjid didaerah kita masing-masing.
Banyak muslim tak mau melewatkan momen penting ini entah sebagai ajang untuk mendapat simpati orang ataukah memang betul2 diniatkan untuk berbagi yang dilandasi dengan niat yang tulus..
Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dengan orang2 yang punya kemampuan lebih tapi merasa selalu kekurangan sehingga tidak mau menyodorkan sedikit rezkinya untuk berqurban...Akankah lebih baik kita berkurban walaupun itu ada sedikit unsur riya-nya daripada tidak berkurban sama sekali..Allahu A'lam bishawab

Bukankah Allah swt memerintahkan kepada ummatnya untuk berbuat amal harus semata-mata karena Allah sang Maha Ikhlas bukan karena riya,pamer atau mendapat simpati..
Ketika segala sesuatunya berasal dari hati (read:berbagi dari hati) maka bukan hanya dimomen idul Adha saja kita akan mau berqurban tapi kita akan selalu ringan tangan membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan kita.
Bagi kebanyakan orang berbagi dari hati masih susah dimanifestasikan karena syaitan bisa saja menggoda manusia mulai dari niat,pada saat melakukan kebaikan dan setelahnya.Sepertinya kita harus banyak belajar ilmu ikhlas sehingga apapun yang kita lakukan mendapat nilai amal sempurna disisi ALLAH SWT...Amin.....

Semoga ditaon depan kita bisa berkurban dengan hati yang ikhlas.............

Tidak ada komentar: